Jumat, 14 Februari 2014

[TOPIK] Aplikasi Pemilih atau Pengambil Keputusan

Malam ini, 14 Februari 2014, kejadian yang sedang terjadi adalah: SAYA BINGUNG. Kejadian semacam ini juga mungkin juga terjadi pada teman-teman. Bingung adalah suatu momen ketika kita tidak tahu mau memilih apa. 

Aplikasi yang satu ini masih sangat abstrak. Akan tetapi, karena keabstrakannya, saya menjadi sangat tertarik untuk membuat aplikasi ini. 

Sebenarnya, saya sudah menemui beberapa aplikasi dengan embel-embel "Pengambil Keputusan". Aplikasi-aplikasi yang sudah ada menurut saya terlalu 'tinggi'. Padahal, aplikasi yang saya maksudkan adalah aplikasi yang benar-benar bisa mengambil keputusan, mungkin batas amannya adalah memilih suatu keputusan. Perbedaan 'mengambil' dan 'memilih' di sini maksudnya mengenai ada-tidaknya calon keputusan yang akan diambil. Kalau 'mengambil keputusan' berarti belum ada ide sama sekali untuk suatu pikiran, maka aplikasi mampu memberi saran. Selanjutnya, 'memilih keputusan' berarti ada beberapa keputusan dengan inputan persentase tertentu, sehingga pengguna sedikit terbantu memilih keputusan. 

Ide awal, saya akan lebih membahas soal 'memilih keputusan'. Nantinya, aplikasi ini akan memberikan inputan beberapa calon keputusan dengan persentasenya. Proses penginputan persentase nantinya akan dibantu (ditekan) dengan beberapa pertanyaan (psikotest) sederhana. Keputusan terpilih adalah keputusan dengan persentase tertinggi. 

Untuk aplikasi yang bisa 'mengambil keputusan', prosesnya hampir sama. Perbedaannya adalah ada inputan kegiatan dan tanpa ada inputan calon keputusan. Contoh sederhananya seperti ini, ada inputan "saya mau makan", maka aplikasi dapat memberi saran, "Anda belum pernah makan di Olive, silahkan mencoba dengan pilihan harga...".



[Ka!] Pembaca yang baik tidak menyalin (copy) postingan tanpa ijin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar