Jumat, 14 Februari 2014

[TOPIK] Jadwal Harian Pribadi

Ide saya kali ini masih di jalur "Ide Mainstream".
Aplikasi ini tentang "TIME SCHEDULING" - penjadwalan.

Setiap harinya, kita sering melakukan bermacam-macam kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini kadangkala terasa sangat 'padat/penuh'. Ada juga saat-saat yang dirasa 'kosong'. Padahal sebenarnya kalau kegiatan-kegiatan kita dijadwalkan dengan baik dan benar, hal tersebut dapat teratasi.

Dalam bayangan saya, di masa depan, komputer akan bersifat "always on", dimana kita akan selalu bertatapan dengan komputer. Ini adalah kesempatannya. Kita akan memanfaatkan komputer sebagai pengingat sekaligus pengambil keputusan untuk kegiatan-kegiatan kita.

Aplikasi ini mula-mula diisi dengan kegiatan default, sehari-hari atau 'daily activity'. Komputer akan memberi pengingat untuk kita melakukan kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini akan dipisah atas tiga kategori:
(1) Jadwal Wahharusini (tidak boleh berubah),
(2) Jadwal Yaamungkinlah (bisa digeser, tapi tidak bisa diubah),
(3) Jadwal Apaini (bisa digeser, bahkan bisa dihapus juga karena tidak terlalu penting).

Program yang akan digunakan kira-kira akan sama seperti Linked-List. Akan ada fitur TAMBAH, HAPUS, UPDATE, dan sebagainya.

Di sini, aplikasi mampu menolak inputan kegiatan. Misalnya, pukul 13.00 ada kegiatan kuliah yang sudah terjadwal. Maka, apabila pada pukul 12.30 diinputkan kegiatan baru (ex: Main PES), aplikasi dapat memberikan peringatan untuk menolak kegiatan ini. Contoh ke-2, misalnya kegiatan pada hari itu padat sekali, maka aplikasi dapat memberikan peringatan untuk menambah jam tidur malam.

Harapannya, pemberitahuan juga dapat dikirimkan lewat SMS.



[Ka!] Pembaca yang baik tidak menyalin (copy) postingan tanpa ijin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar